Minggu, 17 November 2013

Kondisi Kerukunan Umat Beragama Saat Ini


          Persatuan dan Kesatuan adalah suatu kunci yang dapat mempersatukan segala hal, baik perbedaan keyakinan, ras, suku, hingga adat istiadat. Saling menghormati & saling menghargai merupakan usaha yang patut dilakukan untuk menciptakan rasa tenang, aman dan rasa Damai tentunya. Setiap insan manusia secara naluriah akan menginginkan perasaan damai dan berusaha untuk menciptakannya. Hal ini tidak lepas dari berbagai faktor, tapi hal ini jelas terdapat pada setiap keyakinan/kepercayaan. Di Indonesia saat ini agama yang di akui ada lima (agama) yaitu Islam sebagai mayoritas, Christian, Katholik, Budha, & Hindu. Saat ini jika dilihat secara luas kerukunan umat beragama masih terjaga khususnya di negara ini. Ini akan menjadi harapan seluruh bangsa Indonesia, agar tidak dapat dengan mudah di pecah-belah sehingga Persatuan & Kesatuan tetap terjaga. Kita tentunya tidak ingin mengalami hal yang sama dengan beberapa negara lain yang saat ini sedang ber-konflik.
          Berbeda jika kita melihat lebih luas, terjadi konflik saudara antara Paleztina dan Israel yang melibatkan agama tertentu dimana bangsa Israel yang berpandangan yang sama, sementara Palestina yang berpadangan sebaliknya. Pada kedua negara ini terdapat kelompok-kelompok yang menganjurkan penyingkiran teritorial total dari komunitas yang lainnya, sebagian menganjurkan solusi dua negara, dan sebagian lagi menganjurkan solusi dua bangsa dengan satu negara yang mencakup wilayah Israel masa kini, Jalur Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem Timur. Semoga masalah konflik yang terjadi diantara negara-negara yang bersangkutan dapat segera terselesaikan dan mendapatkan jalan keluar yang sama-sama menguntungkan.
          Konflik-konflik yang pernah terjadi bermula dari murni konflik tentang kesenjangan ekonomi atau politik, kemudian bergeser dengan cepat menjadi konflik antara pemeluk agama. Hal ini tidak boleh terjadi lagi ke depan, dan kita harus selalu mewaspadainya,”. Oleh karena itu, pemeliharaan kerukunan umat beragama bukan hanya tanggungjawab para pejabat pemerintah di bidang agama dan pemuka agama, melainkan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Sesungguhnya masyarakat Indonesia di seluruh pelosok tanah air telah memiliki sejumlah kearifan lokal yang telah mampu menjadi penopang kerukunan umat beragama di daerah masing-masing,
          Jika melirik  lebih dalam pada agama islam, benar banyak aliran-aliran tertentu yang menghiasi agama ini. Menurut saya sejauh kita masih berpatokan pada Al-Qur’an & Hadist Rasul, maka hal ini bukanlah menjadi hal yang patut dikhawatirkan. Akan berbeda halnya jika kita melakukan penyekutuan dengan Zat Yang Sempurna selain Allah S.W.T. Sejatinya manusia harusnya berterima kasih atas segala hal yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Karena Dia-lah Yang Maha Sempurna (Allah S.W.T). Tidak ada Tuhan selain Allah, yang mesti kita sembah adalah Tuhan yang Sebenar-benarnya Tuhan. Bersyukur kita masih berada di jalan seharusnya kita berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar